Modul 1 Percobaan 4
Keypad dan LCD

1. Prosedur [Kembali]

  • Rangkailah seperti rangkaian berikut
  • Buka Arduino IDE dan masukan listing program
  • Upload program ke arduino
  • Variasikan tombol yang ditekan dan amati keluarannya pada LCD

  • Hardware




  • Diagram Blok


    • Rangkaian Simulasi
    • Prinsip Kerja

    Digunakan keypad sebagai input dan LCD sebagai output. Ketika tombol "1" ditekan, LCD akan menampilkan "Tombol: 1", begitu juga dengan tombol yang lainnya. Jika tombol yang ditekan yaitu antara 0-9, pagar ataupun bintang maka di LCD juga akan menampilkan hasil yang sama . Di LCD juga terdapat potensiometer yang berfungsi untuk mengatur kecerahan layar.

    Prinsip rangkaiannya : 1) menghubungkan mikrokontroler Arduino dengan keypad dan LCD sesuai dengan modul praktikum.   2) kode yang telah disiapkan akan diunggah ke dalam mikrokontroler atau Arduino Uno. 3)Setelah itu, mikrokontroler akan mulai memantau input dari keypad .


  • Flowchart



  • #include <Keypad.h> // Memanggil library Keypad
    #include <LiquidCrystal.h> // Memanggil library LCD

    // Menentukan besaran keypad
    const byte ROWS = 4;
    const byte COLS = 4;
    LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5); // Mendeklarasikan pin pin pada LCD

    // Menentukan besaran dari keypad
    char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
      {'1', '2', '3', 'A'},
      {'4', '5', '6', 'B'},
      {'7', '8', '9', 'C'},
      {'*', '0', '#', 'D'}
    };
     
    // Mengkoneksikan keypad ke pin arduino
    byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
    byte colPins[COLS] = {5, 4, 3, 2};
     
    // Mendeklarasikan keypad ke arduino
    Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
     
    void setup() {
      // Setup serial monitor
      Serial.begin(9600);
      lcd.begin(16, 2);
    }
     
    void loop() {
      // Membaca tombol yang di tekan
      char customKey = customKeypad.getKey();
     
      if (customKey) {
        // melakukan printing ke LCD tombol yang di pencet
        lcd.setCursor(0, 0);
        lcd.print("Tombol :");
        lcd.print(customKey);
      }
    }

6. Kondisi [Kembali]

   Ketika angka yang diklik pada keypad akan dibaca oleh Arduino dan, arduino akan memberikan perintah untuk menampilkan angka tersebut pada LC

7. Download File [Kembali]

HTML klik disini

- Gambar Hardware  klik disini

- Gambar Simulasi  klik disini

- Video Demo  klik disini

- Listring Program  klik disini

- Datasheet:
     ARDUINO UNO klik disini
     TOUCH SENSOR  klik disini
     LCD 2X16 klik disini















Tidak ada komentar:

Posting Komentar