1. Prosedur [Kembali]
- Rangkailah seperti rangkaian berikut
- Buka Arduino IDE dan masukan listing program
- Upload program ke arduino
- Variasikan tombol yang ditekan dan amati keluarannya pada LCD
- Rangkaian Simulasi
- Prinsip Kerja
Digunakan keypad sebagai input dan LCD sebagai output. Ketika tombol "1" ditekan, LCD akan menampilkan "Tombol: 1", begitu juga dengan tombol yang lainnya. Jika tombol yang ditekan yaitu antara 0-9, pagar ataupun bintang maka di LCD juga akan menampilkan hasil yang sama . Di LCD juga terdapat potensiometer yang berfungsi untuk mengatur kecerahan layar.
Prinsip rangkaiannya : 1) menghubungkan mikrokontroler Arduino dengan keypad dan LCD sesuai dengan modul praktikum. 2) kode yang telah disiapkan akan diunggah ke dalam mikrokontroler atau Arduino Uno. 3)Setelah itu, mikrokontroler akan mulai memantau input dari keypad .
- Flowchart
- #include <Keypad.h> // Memanggil library Keypad#include <LiquidCrystal.h> // Memanggil library LCD// Menentukan besaran keypadconst byte ROWS = 4;const byte COLS = 4;LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5); // Mendeklarasikan pin pin pada LCD// Menentukan besaran dari keypadchar hexaKeys[ROWS][COLS] = {{'1', '2', '3', 'A'},{'4', '5', '6', 'B'},{'7', '8', '9', 'C'},{'*', '0', '#', 'D'}};// Mengkoneksikan keypad ke pin arduinobyte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};byte colPins[COLS] = {5, 4, 3, 2};// Mendeklarasikan keypad ke arduinoKeypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);void setup() {// Setup serial monitorSerial.begin(9600);lcd.begin(16, 2);}void loop() {// Membaca tombol yang di tekanchar customKey = customKeypad.getKey();if (customKey) {// melakukan printing ke LCD tombol yang di pencetlcd.setCursor(0, 0);lcd.print("Tombol :");lcd.print(customKey);}}
HTML klik disini
- Gambar Hardware klik disini
- Gambar Simulasi klik disini
- Video Demo klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar